UIN Raden Fatah Jadi Tuan Rumah Penyelenggara Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) ke Luar Negeri Tahun 2023

UIN Raden Fatah Jadi Tuan Rumah Penyelenggara Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) ke Luar Negeri Tahun 2023

You are currently viewing UIN Raden Fatah Jadi Tuan Rumah Penyelenggara Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) ke Luar Negeri Tahun 2023

Dikutip dari https://radenfatah.ac.id/

UIN Raden Fatah Jadi Tuan Rumah Penyelenggara Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) ke Luar Negeri Tahun 2023

Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 6241 Tahun 2023 tentang Penetapan Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Persiapan Studi Lanjut (PPSL) S2/S3 Luar Negeri dan language Academic and Preparation Program (LAPP) Tahun Anggaran 2023, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang mendapatkan kehormatan sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara di Indonesia.

Pembukaan pembekalan PPSL Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenag RI 2023 berlangsung secara virtual (daring) Tingkat Nasional dan secara langsung (luring) di Gedung Auditorium lantai 4 Rektorat UIN Raden Fatah Palembang, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa S1 dan S2 yang sedang studi di UIN Raden Fatah Palembang dan beberapa unsur civitas akademika UIN Raden Fatah termasuk Kepala Pusat Bahasa, Kepala Pusat Layanan Internasional, Kepala Laboratorium Terpadu, Dosen, Ketua Program Studi serta mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan bahasa Arab dan Ilmu Perpustakaan.

Dr. Ruchman Basori-Kasubdit Ketenagaan Ditjen Pendidikan Islam membuka secara langsung kegiatan Nasional Pembukaan PPSL S2, S3 dan Preparation Program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) LPDP Kementerian Agama RI 2023 secara virtual (daring).

Dalam Sambutannya, Dr. Basori berpesan kepada seluruh peserta untuk dapat fokus dalam mengikuti kelas PPSL S2 dan S3 dan Preparation Program BIB LPT Kemenag RI 2023 dikarenakan mereka yang lulus inilah yang kemudian akan belajar selama kurang lebih tiga bulan untuk mendapatkan materi dalam merealisasikan mimpi mereka untuk melanjutkan studi keluar negeri.

“Program ini dinilai penting karena menyiapkan profesional Indonesia melalui program BIB (Beasiswa Indonesia Bangkit). Dengan semakin banyaknya tenaga profesional alumni dari kampus-kampus terkemuka di luar negeri, diharapkan akan semakin memperbagus kualitas Pendidikan di Indonesia,” ungkap Dr. Ruchman Basori.

Selain bekal kemampuan berbahasa asing, Dr. Ruchman Basori juga menekankan pentingnya Pendidikan moderasi dan toleransi dalam program pelatihan ini. Dikarenakan Kementerian Agama ingin melahirkan para profesional yang moderat, toleran, serta mencintai NKRI.

Dalam kesempatan ini juga hadir, pimpinan dari UIN Raden Fatah Palembang yang diwakili oleh Rektor Satu Bidang Akademik Dr. Muhammad Adil. M.A dan juga sekaligus menyambut secara langsung 12 peserta yang telah hadir selama 3 hari di bumi Sriwijaya.

Wakil Rektor Satu berkomitmen untuk mendukung kegiatan ini secara maksimal melalui kepanitiaan yang telah di komandoi Dr. Khoirowati guna melayani seluruh kebutuhan para peserta PPSL S2, S3 LPDP Kemenag RI selama kurun waktu 3 bulan kedepan.

Lebih lanjut, Dr. Adil terus berkoordinasi dengan seluruh pihak yg terkait dalam mengoptimalkan hasil yang akan di capai dalam proses pembelajaran PPSL S2 LPDP Kemenag RI untuk menyiapkan kemampuan berbahasa peserta dan pengetahuan budaya, akademik, penelitian dan moderasi beragama selama mengikuti kelas di Laboratorium Terpadu UIN Raden Fatah Palembang.

“Kegiatan ini kelak akan memberikan kontribusi bagi program-program LPDP Kemenag RI lainnya dan dapat memberi sumbangsih demi mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional dan menjadi lembaga yang unggul dalam pelayanan dan manajerial,” pungkasnya.

Leave a Reply